simdis@desakepuharjo.id +085800308824
abcd

Berita Kepuharjo 1

Ini berita Kepuharjo untuk sister village . . .

Link Terkait: https://krs.umy.ac.id

Ketua Komunitas Disabilitas Kepuharjo menerima SK pelantikan

PELANTIKAN PENGURUS DISABILITAS KEPUHARJO DAN PEMBERIAN BANTUAN ALAT EVAKUASI

Bertempat di Kalurahan Kepuharjo 11 Maret 2022 dengan di hadiri oleh Wakil Panewu Kapanewon Cangkringan, TKSK,PPDI Kapanewon, Perangkat kalurahan, tokoh msyarakat dan pengurus komdik yang akan di lantik, Lurah Cangkringan dengan resmi memberikan SK kepengurusan Komdik ( Kelompok disabilitas Kepuharjo ) sekaligus melantiknya.Dalam sambutannya Lurah kepuharjo mengatakan bahwa setelah adanya kelompok ini saya berjanji akan memberikan anggaran tahun depan untuk kelompok sekaligus akan memberikan aksesibilitas bagi mereka supaya saat mengakses layanan di kalurahan tidak kesulitan. Dan memohon maaf karena hari ini masih belum ada aksesibilitas seperti bidang miring dan lain sebagainya. Kami akan berupaya sebaik mungkin dan juga kami mohon pada msyarakat disabilitas untuk lebih banyak memberikan masukan kepada kami supaya kami bisa lebih baik lagi dalam memberikan layanan.Dalam acara tersebut j . . .

Link Terkait: KOMDIK

Mas harno mencoba sepatu baru

Pemberian Bantuan sepatu disabilitas oleh Wakil Bupati Sleman

Penyerahan bantuan alat mobilitas bagi disabilitas kepuharjoPenyerahan alat bantu mobilitas berupa sepatu di berikan oleh Wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Maharsa,SE didampingi bapak Sigit dari dinas social kabupaten sleman menyerahkan bantuan Sepatu untuk disabilitas disaksikan keluarga dan perangkat kalurahan Kepuharjo.Bapak Harno selaku penerima bantuan social mengucapkan terima kasih kepada pengurus komdik dan juga perangkat kalurahan kepharjo yang telah membantu melaporkan dan mengajukan bantuan sepatu yang tentu saja sangat membantu untuk melaksanakan aktivitas sehari – hari  . . .

Link Terkait: KOMDIK

keterangan gambar - foto rapat sambil makan bersama

Disabilitas Kepuharjo membentuk KOMDIK ( Komunitas Disabilitas Kepuharjo )

Perjuangan untuk mendapatkan hak dan upaya perlindungan bagi Penyandang Disabilitas tentu saja tidak bisa di lakukan hanya parsial dan secara individual. Gerak perjungan akan menjadi sangat sempit bahkan juga tidak akan pernah bisa di perhatikan oleh Steak holder. Di satu sisi semangat dari penyandang disabilitas itu sendiripun pastinya akan mengalami siklus naik turun yang diakibatkan karena berbagai peran yang harus di lakukan sendiri. Mengingat hal tersebut maka penyandang disabilitas kepuharjo kemudian berkumpul untuk membentuk sebuah organisasi Penyandang Disabilitas dimana anggotanya terdiri dari Penyandang Disabilitas, Keluarga,dan kader yang selama ini berkontribusi dalam upaya memperjuangkan hak – hak penyandang disabilitas.Pembentukan kelompok Disabilitas Kepuharjo yang di singkat KOMDIK dilakukan pada tanggal 23 Februari 2022 dengan fokus Isu yaitu Pendid . . .

Link Terkait: https://www.detik.com

foto bersama panitia 20 orang didepan titik kumpul

Pentingnya standar operasional prosedur evakuasi dan penyelamatan penyandang disabilitas pada situ

Bertempat di Aula PAUD Desa Kepuharjo, CIQAL bekerjasama dengan kelurahan membuat Workshop Penyusunan SOP Evakuasi dan Penyelamatan yang diikuti oleh perangkat kelurahan, perwakilan PKK, perwakilan Tim Tagana dan para penyandang disabilitas.Pada kegiatan ini peserta diajak untuk melakukan diidentifikasikan point-point yang perlu dipersiapkan menghadapi bencana yang berkaitan dengan masyarakat penyandang disabilitas per pedukuhan, Pemetaan kebutuhan pada saat bencana, sumberdaya yang dimiliki. Serta melihat sejauhmana SOP yang saat ini telah di miliki oleh Kalurahan kepuharjo telah memiliki prespektif disabilitas.Pada workshop tersebut peserta juga untuk di minta secara langsung menambah ruang-ruang di mana kebutuhan penyandang disabilitas belum terpenuhi dengan tambahan klausul yang di harapkan akan semakin memperkaya SOP yang ada selain juga sebagai salah satu upaya untuk peme . . .

Link Terkait:

keterangan gambar - Disabilitas di Wilayah Rawan Bencana

Aksesibilitas dan Akomodasi Penting disediakan bagi Penyandang Disabilitas di Wilayah Rawan Bencana

Ciqal bersama dengan Kalurahan Kepuharjo menyelenggarakan FGD untuk menyediakan aksesibilitas dan pemenuhan kebutuhan khusus bagi penyandang disabilitas pada lokasi pengungsian dan lokasi hunian sementara. Dalam FGD kali ini dibahas apa saja permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan disabilitas saat terjadi bencana, potensi yang di miliki oleh dusun untuk bisa menyelesaikan masalah secara internal serta sejauh ini apakah anggaran Kalurahan sudah bisa diakses.Pemetaan kebutuhan yang muncul pada saat situasi bencana terletak lebih banyak pada bagaimana penanganan pada saat terjadi bencana seperti misalnya kebutuhan akan akomodasi yang layak dan aksesibilitas yang belum optimal dimiliki oleh setiap padukuhan sehingga seringkali pada saat evakuasi mengalami hambatan."Pemetaan kebutuhan tersebut kemudian disepakati akan di-sounding-kan dengan anggaran dari Kalurahan yang nantinya akan . . .

Link Terkait: